October 18, 2018

Sign in

Sign up

  • Home
  • Slider
  • Asah Kemampuan Entrepreneurship, Kelas X Diberi Tugas Gelar Acara Bazar

Asah Kemampuan Entrepreneurship, Kelas X Diberi Tugas Gelar Acara Bazar

By on October 4, 2018 0 38 Views

BOGOR – Salah satu program unggulan yang ada di Pesantren Internasional Al-Andalus yakni enterpreneurship atau kewirausahaan. Program ini merupakan wujud nyata pesantren untuk melahirkan seorang santri yang pandai berwirausaha.

Guna menggali potensi para santri, Departemen Pendidikan Pesantren Al-Andalus menyelenggarakan ‘Enterpreneur Days’ dari mulai tanggal 1-3 Oktober 2018 di pesantren putra dan putri.

Salah satu rangkaian acara dalam Enterpreneur Day itu yakni penyelenggaraan bazar yang dilakukan santri Kelas X. Menurut pemateri enterpreneurship Ustadz Teguh Hudaya, bazar merupakan level terendah bagi seorang enterpreneur.

Ustadz Teguh menjelaskan, bazar sebenarnya bisa dilakukan oleh anak-anak TK. “Sekarang di TK itu ada market day, itu dilakukan anak kecil usia 5 tahun,” beber dia kepada tim media Pesantren Al-Andalus, Jonggol, Bogor, Jawa Barat, kamis (4/10/2018).

Meski begitu, ia tak mempersoalkan bazar dilakukan oleh santri dan satriwati Kelas X untuk mengasah bakat wirausaha mereka. “Jadi untuk level Andalus nggak apa-apa dilakukan khusus anak Kelas X. Tapi nanti kita tahu modalnya berapa, fixed cost-nya berapa dan net profit berapa,” paparnya.

Ustadz Teguh menuturkan perbedaan bazar yang dilakukan anak TK dengan santri Kelas X Pesantren Al-Andalus. “Kita masak sendiri, kita tahu modalnya berapa, untungnya berapa dan kita juga yang jualin. Kalau anak TK hanya jualin doang,” kata dia menutup perbincangan.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *