Al-Andalus Kirim Relawan ke Kamp Pengungsi Rohingya

2018-01-02 08:52:44, Posted by in Website andalus, mudir, PULDAPII, ustadz, rohingya, relawan, bangladesh

Al-Andalus, Bogor – Tragedi kemanusiaan yang menimpa suku muslim Rohingya di Rakhine, Myanmar masih terus menyayat hati kita. Ribuan bahkan mungkin ratusan ribu kaum muslimin mengalami penindasan, penganiayaan bahkan pembantaian!

Hingga akhirnya banyak dari para penduduk Rakhine memilih untuk keluar dari negerinya, mencari keamanan dan perlindungan. Diantara destinasi pengungsian tersebut adalah negara Bangladesh yang terletak di barat wilayah Myanmar.

Pesantren Al-Andalus bersama dengan PULDAPII (Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia) tergerak untuk membantu meringankan beban saudara-saudara kita tersebut. Maka pada bulan September yang lalu, dilakukan penggalangan dana untuk disalurkan kepada muslim Rohingya. Dan terkumpul dari para santri dan wali santri sebesar Rp. 35,119,900,- (Tiga puluh lima juta seratus sembilan belas ribu sembilan ratus rupiah).

Dana tersebut disalurkan melalui PULDAPII (Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia) dan pada senin kemaren (1/1/2018) memberangkatkan 5 relawan ke Bangladesh, untuk menyalurkan dana senilai lebih dari 1 milyar rupiah secara langsung. Diantara relawan PULDAPII yang berangkat tersebut, salah satunya adalah Ust. Jarier Furqony, Lc, guru dan Kaur Yatim Al-Andalus.

Ustadz muda yang baru melangsungkan akad nikah pada tanggal 29 Desember 2017 yang lalu ini, berangkat bersama rombongan tim relawan PULDAPII membawa misi liputan kondisi riil di kamp pengungsi di Bangladesh.

Ust. Jarier menuturkan bahwa misi kemanusiaan ini adalah misi mulia sebagai bentuk kepedulian antar sesama muslim.

“Ya, kesedihan mereka adalah kesedihan kita semua!” Ujarnya.

Sementara itu, Mudir Al-Andalus, Ust. Nurdin Apud Sarbini, Lc, menyatakan terus mendukung segala upaya kepedulian untuk sesama muslim diberbagai belahan dunia.

“kami pernah adakan qunut nazilah kemudian penggalangan dana dan kemudian saat ini kami kirim relawan langsung ke kamp pengungsian Rohingya di Bangladesh. Semoga apa yang kami lakukan ini dicatat oleh Allah ta’ala sebagai bentuk kepedulian sesama muslim yang tertindas.” Tandasnya. (AAD)