Pembelajaran Bahasa Arab Salah Satu Pilar Pendidikan Al-Andalus

2017-08-15 09:42:38, Posted by Aminullah Yasin in Website kepsek, sma, ustadz, syahrul

Al-Andalus, Bogor – Pesantren Islam Internasional Al-Andalus kini telah memasuki tahun ke 5, dalam perjalanannya Al-Andalus mengalami banyak perbaikan baik dari sisi sarana dan prasarana maupun kurikulum pendidikan.

Mengacu kepada kurikulum berbasis TICE (Tahfizhul Qur’an, International Curricullum & Enterpreneurship), Departement Pendidikan Al-Andalus terus melakukan pengkajian dan pengembangan kurikulum agar menjadi lebih baik.

Kepala Sekolah SMA Al-Andalus, Ustadz Syahrul, Lc menuturkan bahwa diantara pilar penting pendidikan di Al-Andalus adalah penekanan pada penguasaan bahasa Arab.

“Di Al-Andalus, kami sangat menekankan pembelajaran bahasa Arab, baik secara tulisan, pemahaman ataupun praktek.” Ujar Ustadz Syahrul, Lc.

Ustadz muda alumni Fakultas Syari’ah wal Qonun Universitas Al-Azhar Kairo ini menyatakan bahwa tujuan dari pembelajaran bahasa Arab selain untuk berkomunikasi juga sebagai penunjang pemahaman ilmu-ilmu agama.

“Tujuannya adalah agar santri-santri mudah memahami ilmu-ilmu syar’i, dan dengan bahasa Arab juga memudahkan mereka dalam menghafal al-Qur’an.” Ujar pria asal Makassar, Sulawesi Selatan ini.

Santri-santri Pesantren Al-Andalus sendiri diwajibkan berkomunikasi menggunakan bahasa arab baik dalam pembelajaran ilmu-ilmu diniyah di kelas ataupun dalam kegiatan di luar kelas. (AY/AIIS)