March 26, 2019

Sign in

Sign up

  • Home
  • Slider
  • Songsong Tahun Pelajaran Baru, Al Andalus Gelar Raker di Cisarua Bogor

Songsong Tahun Pelajaran Baru, Al Andalus Gelar Raker di Cisarua Bogor

By on March 7, 2019 0 154 Views

Bogor – Tahun pelajaran 2018/2019 akan berakhir kurang lebih dua bulan ke depan. Guna menyiapkan berbagai program di tahun ajaran baru, Pesantren Islam Internasional Al Andalus menggelar rapat kerja (Raker) tahunan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Jika tahun-tahun sebelumnya Raker dilakukan di lingkungan pesantren, kali ini kegiatan itu digelar di luar tepatnya di Aries Biru Villa dan Hotel Jalan Hankam, Jogjogan, Cisarua, Bogor. Raker yang dilaksanakan selama dua hari, 5-6 Maret 2019 itu menguraikan berbagai program kerja dari setiap departemen.

Mengawali pembukaan acara Raker, Ketua Badan Penelitian, Pengembangan dan Pengawasan (Balitbangwas) Pesantren Al Andalus Ustadz Dwi Wahyu Iskandar, S.Pd.I meminta agar semua pihak terkait di lingkungan pesantren tetap semangat dalam mengembangkan segala potensi yang ada.

“Saya masih ingat dulu bagaimana membangun pesantren ini. Kita membuka pendaftaran, padahal bangunan belum jadi sepenuhnya. Sebelum pindah ke sini (Al Andalus saat ini, red), dulu kantor kita di Cibubur Country, Cikeas. Jadi kita bolak-balik Cikeas Jonggol,” ungkap Ustadz Wahyu di hadapan peserta Raker, Selasa (5/3/2019).

Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta kegiatan Raker, yang merupakan agenda tahunan pesantren.

“Semoga Allah membalas jerih payah antum selama ini dengan ganjaran yang berlipat-lipat ganda, hanya kepada Allah kita serahkan segala urusan,” tutupnya.

Raker Pengurus Pesantren Islam Internasional Al Andalus di Cisarua, Bogor, Selasa (5/3/2019)

Dalam kesempatan yang sama, Mudir ‘Aam Pesantren Al Andalus Ustadz Nurdin Apud Sarbini, Lc memaparkan soal pentingnya memahami manajemen dalam menjalankan roda organisasi.

“Dalam manajemen itu kan ada planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controlling (pengawasan). Empat hal ini yang harus kita pahami dan laksanakan,” ujarnya.

Sebagai pamungkas dari paparannya, alumnus Pesantren Islam Al Irsyad Tengaran, Salatiga itu mengungkapkan master plan atau rencana jangka pendek, menengah dan jangka panjang pesantren.

“Jangka waktu 1-10 tahun itu masa membangun sistem pesantren atau fase persiapan take off. 10-20 tahun masa memperkuat sistem atau fase terbang. Dan 20-27 tahun masa memperluas jangkauan pesantren, seperti membuka cabang di sejumlah wilayah di Indonesia. Fase ini ‘pesawat’ pesantren memasuki fase landing,” imbuhnya.

Kegiatan Raker kali ini diikuti seluruh anggota Balitbangwas dan semua departemen yakni Departemen Kesekretariatan, Departemen Pendidikan, Departemen Kepengasuhan, Departemen Rumah Tangga dan Departemen Ekonomi Produktif. Acara tersebut bertajuk ‘Dengan Raker, Mari Kita Tingkatkan Profesionalisme, Etos Kerja dan Kebersamaan’.(*)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *